Penjelasan Lengkap Tentang Air Suspension

Penjelasan Lengkap Tentang Air Suspension

Berita Terbaru Otomotif – Teknologi Air Suspension semakin banyak dikembangkan dan banyak digunakan oleh para pecinta mobil. Apalagi tentunya menurut para penikmat bentuk, karena Air Suspension bisa dibilang bumbu paling efektif dalam hal resep ganteng mobil. Pernahkah Anda melihat foto, video, atau wallpaper mobil datar yang indah? Kemungkinan besar sudah dikantongi alias menggunakan Airsus. Tak hanya itu, jenis suspensi ini bisa dibilang jitu untuk keseimbangan antara bentuk dan fungsi.

Penjelasan Lengkap Tentang Air Suspension

Besarnya ground clearance alias kerataan mobil memang secara visual sangat memengaruhi keindahan mobil. Semakin dekat ke tanah, semakin kandas, semakin keren seperti mobil sport! Tak hanya itu, kerataan juga memiliki berbagai efek positif bagi performa mobil. Di bawah ini kami akan menjelaskan apa itu Air Suspension sebenarnya.

Deskripsi Singkat tentang Air Suspension

Air Suspension adalah salah satu jenis suspensi kendaraan yang menggunakan udara yang dipompa ke dalam kantung udara. Biasanya pada suspensi mobil kita temukan pegas dan shock breaker. Nah, pegas ini diganti dengan kantung udara yang bisa mengembang dan mengempis tergantung kebutuhan. Itu sebabnya, orang luar biasa menyebutnya tas atau kantung udara. Mobil dengan Air Suspension sering disebut dengan kantong. Disini orang lebih sering menggunakan singkatan yaitu airsus. Kita juga bisa menyebutnya dengan singkatan Air Suspension System atau A.S.S haha.

Meski terlihat seperti teknologi mutakhir dan mutakhir, ide dan implementasi Air Suspension awal sebenarnya cukup panjang. Pada tahun 1920, orang Prancis bernama George Messier pertama kali menerapkan teknologi ini di pabrik mobilnya, Messier. Saat ini Air Suspension lebih banyak ditujukan untuk mobil mewah mewah. Sebut saja seperti Rolls-Royce, Range Rover, Lexus, Porsche, dan lainnya. Untuk produk aftermarket, modifikasi Airsus saat ini terus berkembang dan semakin banyak digunakan oleh para pecinta mobil.

Jenis Air Suspension

Sistem berbasis tekanan menggunakan tekanan untuk menentukan berapa banyak udara di dalam kantong udara. Kita bisa menentukan berapa psi udara untuk setiap kantung udara yang tentunya mempengaruhi seberapa tinggi dan seberapa rendah mobil kita. Kelemahan dari pressure based adalah ketika beban atau beban mobil meningkat. Misalnya kita membawa banyak barang atau penumpang. Kita harus menentukan kembali berapa tekanan udara yang kembali. Jangan biarkan mobil terlalu banyak kandas.

Sistem berbasis ketinggian menggunakan ketinggian mobil ke tanah sebagai dasar untuk menentukan jumlah udara di dalam kantong. Tipe ini menggunakan sensor ketinggian yang akan mendeteksi seberapa tinggi mobil sekarang dan seberapa besar keinginan kita. Jika dirasa kurang, maka Airsus otomatis akan bekerja untuk meningkatkannya. Begitu juga jika ketinggian berada di atas angka yang telah kita tentukan, Airsus akan bekerja untuk menurunkannya.

Berbeda dengan pressure based, pada high based kita tidak perlu pusing-pusing dan khawatir saat membawa banyak barang atau penumpang. Sensor ketinggian akan mendeteksi dan airsus akan bekerja dengan sendirinya. Hal yang sama terjadi ketika terjadi perubahan temperatur yang ekstrim yang mempengaruhi kepadatan udara. Jika mobil terlalu tinggi atau terlalu rendah, sensor ketinggian akan memperbaikinya. Jenis lainnya adalah cara mengolah udara yang tidak terpakai dari kantung udara. Jika dibuang ke luar disebut sistem udara terbuka. Ketika dikembalikan ke tangki, itu disebut sistem udara tertutup.

Kelebihan Air Suspension

  1. Modifikasi ekstrim

Airsus memungkinkan mobil dimodifikasi secara drastis. Tanpa celah roda atau malah terbanting alias super ceper! Ya, mobil tanpa Airsus pasti bisa. Tapi, siap-siap saja untuk gasruk sana sini.

  1. Kenyamanan

Air Suspension yang menggunakan udara lebih mampu menyerap getaran dari jalan raya. Meski beberapa merk coilover juga sudah memberikan tipe kenyamanan, namun kenyamanan Air Suspensionnya tentunya lebih halus dan lebih unggul dari pada suspensi pegas.

Kekurangan Air Suspension

  1. Pemeliharaan

Semakin banyak bagian yang bergerak, semakin merepotkan perawatannya dan tentu saja itu membutuhkan biaya.

  1. Berat

Beberapa orang mengklaim bahwa perangkat airsus menambah bobot pada mobil yang tentunya berpengaruh pada performa mobil dan irit bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *