Jenis Balapan Motor Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis Balapan Motor Yang Harus Kamu Ketahui!

Berita Terbaru Otomotif – Sebuah olahraga yang mengacu adrenalin dan menggunakan bantuan mesin yaitu balap. Diantaranya adalah olah raga balap motor yang bertanding menggunakan kuda besi. Faktor skill seorang pembalap juga menentukan kemenangan di podium. Ada yang menggunakan trek aspal sebagai arena kompetisi, ada yang menggunakan trek tanah berdebu sebagai arena. Buat kamu yang suka balapan motor, berikut beberapa jenis event balapan motor yang seru untuk disaksikan.

Jenis Balapan Motor Yang Harus Kamu Ketahui

  1. MotoGP

Balap motor ini sepertinya merupakan jenis balap motor paling bergengsi. Penggemar MotoGP memiliki jumlah yang fantastis dan tersebar di berbagai negara. Sampai-sampai ada komunitas atau klub penggemar tersendiri yang selalu hadir dimanapun sang pembalap idola melakukan balapan MotoGP. Kuda besi spesial MotoGP ini bermesin 1000 cc yang harus melahap 22 lap atau lap. Ada kategori kelas untuk setiap kapasitas motor. Diantaranya adalah kelas Moto 2, kelas Moto 3 dan terakhir kelas MotoGP yang berlaga di 18 sirkuit resmi. Kecepatan motor bisa mencapai 300 km / jam lebih dengan 6 gigi. Dan ban khusus bersisi halus tanpa garis lengkung adalah ciri khas MotoGP.

  1. Super Moto

Desain dasar motor yang digunakan dalam balapan Super Moto ini adalah motor trail. Namun ada modifikasi terpisah pada setang motor dan ukuran ban. Ban yang digunakan di Super Moto lebih besar dari ukuran ban yang digunakan di balapan Moto Trail. Begitu juga dengan kapasitas mesinnya. Apalagi track yang digunakan menggabungkan track aspal dengan track tanah. Tingkat rintangan yang ditentukan menambah keseruan acara balap Super Moto ini. Namun, Super Moto hanya digelar di beberapa trek di Italia.

  1. Moto Cross

Jenis balap motor ini merupakan jenis balap motor yang menggunakan jalur tanah dengan berbagai macam rintangan yang dibentuk khusus. Seperti rintangan untuk melakukan lompatan atau lompatan dan beberapa tikungan yang tergolong tajam, sehingga pengendara harus menurunkan kakinya agar lebih mudah berbelok.

Biasanya di garis start, pengendara akan berbaris, dengan sebuah papan dipasang di depan roda mereka. Begitu papannya jatuh, itu tandanya balapan sudah dimulai. Tak jarang para pembalap juga melakukan beberapa trik dalam aksi loncatnya di udara. Jenis ban kotak atau ban tahu merupakan ban yang paling identik digunakan di balapan Moto Cross ini.

  1. Drag Race

Meski belum terlalu dikenal di dunia, keunikan motor drag racing ini hanya menggunakan trek lurus dengan jarak tertentu. Biasanya jarak lintasan lurus yang digunakan dalam balap drag adalah kategori lintasan 200 meter dan 500 meter. Kalau di kawasan Asia, biasanya ukuran ban yang digunakan sangat kecil dan tipis. Begitu juga ketinggian setang motor yang dimodifikasi sangat pendek dan rendah.

Sehingga sang pembalap terlihat seperti membungkuk saat mengendarai motor tersebut. Namun di Amerika balap motor drag menggunakan ban berukuran besar dengan kapasitas mesin yang tergolong besar. Balapan ini hanya melibatkan dua pembalap, dan yang tercepat mencapai garis finis di lintasan lurus adalah pemenangnya.

  1. Isle of Man TT

Ajang balap Ini juga sering disebut balapan jalan raya, atau balap sepeda motor besar. Balap ini menggunakan trek jalan umum di sebuah pulau kecil di Inggris bernama Pulau Pulau. Menggunakan sepeda motor yang dijual dalam jumlah besar yang juga digunakan pada balap motor Super bike. Jarak antara penonton dengan para pebalap yang berlomba di lintasan bahkan sangat dekat.

Bisa dibilang balapan motor ini menimbulkan resiko yang besar baik bagi pembalap maupun penontonnya di sepanjang jalan. Lebar jalannya hanya selebar 4 sampai 5 meter. Tak jarang para korban pembalap mengalami luka parah atau bahkan meninggal dunia karena mengikuti ajang balap ekstrim ini. Saking ekstrimnya, perlombaan Isle of Man Tourist Trophy hanya diadakan setahun sekali pada akhir Mei hingga Juni, dengan total 10 lap lap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *